Halaman

Selasa, 12 April 2011

Katarak dan Terapinya

            Katarak adalah suatu kondisi dimana lensa mata yang tadinya jernih dan bisa ditembus cahaya menjadi keruh. Katarak biasanya berkaitan dengan penuaan. Katarak menyebabkan penurunan fungsi penglihatan dan kebutaan. Katarak merupakan penyebab kebutaan terbanyak di Indonesia.
              Gejala katarak:
  •  Pandangan kabur, berkabut seperti melihat melalui mobil yang berembun.
  • Ukuran kacamata seperti berubah.
  • Pada siang hari merasa silau, cahaya berlebihan.
  • Penglihatan ganda pada saat mengemudi malam hari.
Terapi Bedah Katarak:

1. Ekstraksi Katarak Ekstra Kapsular(EKEK)
Tindakan bedah lama  dengan membuat irisan lebar untuk mengganti lensa mata dengan lensa intraokuler yang tidak dapat dilipat. Irisan kemudian dijahit dan memerlukan waktu yang cukup lama untuk penyembuhan.

2. Small Incision Cataract Surgery
 Operasi katarak dengan bedah insisi kecil  dan menggunakan jahitan yang minimal. menggunakan lensa intraokular yang tidak dapat dilipat dan dimasukkan melalui lubang irisan yang normal. Waktu penyembuhan tidak terlalu lama.

3. Phacoemulsifikasi
Tehnik operasi  katarak phacoemulsifikasi merupakan tehnik yang paling baru tanpa memerlukan penjahitan dengan lubang yang dibuat sekecil 3 mm di sisi kornea. Getaran ultrasonik akan menghilangkan katarak. Lensa intraokular yang dapat dilipat dimasukkan melalui insisi kecil tersebut. Waktu pemulihan sangat singkat.

4. Yag Laser
Untuk mengatasi katarak sekunder.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar